Translate

Tuesday 23 December 2014

Tips,Manfaat Menyusui Bayi Bagi Ibu

Manfaat Menyusui Bayi Bagi IbuManfaat Menyusui Bayi Bagi Ibu – Menyusui merupakan suatu bentuk cinta kasih seorang ibu kepada anaknya. Memang, beberapa ibu yang baru memiliki anak umumnya masih kesulitan menyusui bayinya, karena untuk menyusui memang membutuhkan proses belajar pada kedua belah pihak.
Sebagian dari kita mungkin beranggapan bahwa proses belajar menyusui sangat merepotkan dan melelahkan. Namun, tahukah Anda jika menyusui tidak hanya dapat bermanfaat bagi pertumbuhan bayi, namun juga baik bagi kesehatan sang ibu. Mengenai apa saja manfaat dari menyusui bagi ibu, simaklah beberapa ulasan berikut ini :
Mengurangi risiko kanker payudara
Dengan menyusui, kemungkinan wanita untuk terkena penyakit kanker payudara sangat kecil.
Mengurangi risiko kanker rahim dan ovarium.
Penurunan jumlah estrogen pada wanita selama menyusui menyebabkan resiko terkena kanker rahim dan kanker ovarium juga berkurang.
Sebagai alat kontrasepsi
Menyusui dapat menjadi KB (Keluarga Berencana) alami karena proses hisapan bayi bisa merangsang hormon prolaktin sehingga mengakibatkan penundaan ovulasi. Hal itu membuat seorang ibu yang menyusui tidak subur untuk sementara waktu.
Membantu menurunkan berat badan setelah melahirkan
Ibu yang masih menyusui anaknya tidak perlu melakukan diet untuk menurunkan berat badan karena dengan secara sendirinya proses menyusui yang Anda lakukan telah berhasil membakar kalori sebesar 200 hingga 500 kalori perhari.
Mempercepat kembalinya ukuran rahim
Dengan menyusui, rahim juga menyusut kembali ke ukuran normal lebih cepat. karena dengan menyusui dapat membantu tubuh untuk melepaskan hormon oksitosin.
Mengurangi risiko osteoporosis
Selama menyusui, Ibu akan kehilanggan beberapa mineral yang membuat tulang menjadi keropos. Namun setelah proses menyusui selesai, hilangnya mineral tersebut akan segera di isi kembali dan justru lebih padat dari sebelumnya yang bisa mengurangi resiko terkena osteoporosis (Tulang Keropos).
Menurunkan risiko diabetes
Bagi wanita yang menderita diabetes, menyusui dapat meningkatkan kesehatan tubuhnya serta memberikan imun kepada anaknya agar kebal dari penyakit diabetes.
Menurunkan Risiko Hipertensi dan Penyakit Jantung
Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa dengan menyusui maka seorang wanita resiko hipertensi dan penyakit jantung sangat kecil. Dalam penelitian tersebut menemukan terjadinya penurunan terhadap hipertensi sebesar 11 persen dan resiko penyakit jantung sebesar 10 persen bagi wanita yang menyusui.
Menyusui sangat praktis dan ekonomis
Selain komposisinya yang sempurna, ASI juga merupakan gizi yang sangat praktis dan ekonomis. ASI bisa langsung diberikan tanpa perlu repot-repot untuk mencuci dan mensterilkan botol seperti halnya menggunakan susu formula sehingga membuat ibu dan bayi akan merasa nyaman dan memiliki waktu istirahat yang cukup.
Dengan mengetahui besarnya manfaat menyusui bagi seorang ibu di atas, semoga semakin banyak ibu-ibu yang termotivasi untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayinya demi kesehatan sang buah hati.
Semoga Bermanfaat..!! :)

No comments:

Post a Comment