Translate

Tuesday 23 December 2014

Cara mengatasi Penyebaran Virus Ebola

Waspada Bahaya Penyebaran Virus EbolaWaspada Bahaya Penyebaran Virus Ebola – Belakangan ini kita kerap mendengar berita tentang timbulnya penyakit Ebola di berbagai negara. Pernyataan darurat internasional menyampaikan bahwa sekarang ini berlangsung wabah Ebola yang bisa meneror kita seluruhnya. Diharapkan supaya kita seluruhnya dapat menolong untuk memberi pengetahuan tentang panyakit virus Ebola ini.
Apakah itu Ebola?
Virus Ebola (EBOV) yaitu suatu virus dari familia Flaviviridae yang menyerang system aliran darah. Menurut ilmuan, penyakit Ebola ini dimaksud sebagai Demam Haemorragic atau demam yang bikin pasien berdarah nyaris pada semua badannya.
Virus Ebola yaitu virus menular. Penularan virus ini bisa melewati cairan yang ada pada badan, seperti : darah, keringat, liur atau cairan lain yang ada dalam badan. Virus ini juga bisa menular lewat kontak dengan orang yang terserang penyakit Ebola. Tetapi virus ini tidak bisa ditularkan lewat udara.
Virus ini merupakan virus mematikan. Suatu riset menyampaikan bahwa kurang lebih 90% orang yang terjangkit oleh virus Ebola bakal meninggal. Virus ini yaitu satu diantara wabah yang paling mematikan didunia serta dapat membunuh seseorang cuma kurun waktu beberapa minggu saja. Penyakit Ebola hingga sekarang ini belum bisa diobati atau disembuhkan. Saat ini, telah ada vaksin yang masih tetap dikembangkan untuk penyakit Ebola yang 90% bekerja pada monyet, tetapi belum diketemukan vaksin yang efisien pada manusia.
Bagaimana cara mengetahui seorang terjangkit virus Ebola?
Berikut ini beberapa tanda-tanda orang yang tertular penyakit Ebola :
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Diare
  • Muntah
  • Letih
  • Ngilu/nyeri sendi & otot
  • Sakit perut
  • Hilang nafsu makan
Bagaimana cara mencegah penyakit Ebola ini?
Terdapat banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk melindungi tubuh Anda dari penyakit Ebola ini. Berikut diantaranya:
  1. Membersihkan tangan dengan sabun atau mungkin dengan memakai hand-sanitizer dengan baik. Jauhi kontak fisik yang tak perlu dengan orang lain.
  2. Sebisa mungkin, konsumsilah makanan yang Anda masak sendiri.
  3. Bersihkan hama di sekitar tubuh Anda. Virus Ebola tidak bisa bertahan hidup pada disinfektan, panas, cahaya matahari, deterjen serta sabun.
  4. Lakukan fumigasi bila Anda memiliki hewan peliharaan. Tikus dapat juga menularkan penyakit ini ke manusia. Fumigasi lingkungan Anda serta buanglah bangkai hewan dengan semestinya.
  5. Mayat masih tetap bisa menularkan virus Ebola. Janganlah menyentuh mayat tanpa menggunakan alat pelindung atau lebih baik tidak untuk menyentuhnya.
  6. Pakai alat pelindung bila Anda mesti menjaga atau berdekatan dengan orang yang Anda curigai terjangkit oleh virus Ebola.
  7. Laporkan setiap tanda-tanda yang mencurigakan pada diri Anda maupun pada orang lain dengan segera supaya bisa dideteksi lebih awal.
Nah, itulah sedikit penjelasan tentang penyakit Ebola serta cara untuk mencegah penularannya. Biasanya kesehatan itu datang dari diri kita sendiri bergantung bagaimanakah kesungguhan kita untuk menjaga kesehatan itu.
Semoga bermanfaat…!!!

No comments:

Post a Comment