Translate

Tuesday 23 December 2014

Tips Mudah Mengatasi Pengelupasan Kulit Kepala Dan Ketombe

Pengelupasan Kulit KepalaTips Mudah Mengatasi Pengelupasan Kulit Kepala dan Ketombe – Masalah kulit memang dapat terjadi dimana saja seperti halnya pada kulit kepala. Masalah kulit kepala bisa berupa kulit kepala yang kering, mengelupas dan gatal itu semua disebabkan karena kulit kepala mengalami dehidrasi dan juga adanya kesalahan dalam perawatan kulit kepala itu sendiri.
Selain itu penyebab lainnya dari masalah kulit kepala mengelupas dapat terjadi oleh ketombe, penyakit eksim dan psoriasis kulit kepala. Untuk mengetahuinya tergantung dari ciri-ciri akibat yang ditimbulkannya.
Apabila gatal yang diakibatkan oleh ketombe sudah pasti kondisi kulit kepala lebih berminyak. Akan tetapi apapun penyebab rasa gatal kepala serta masalah pengelupasan pada kulit kepala haruslah segera di obati karena sudah tentu dapat mengganggu kenyamanan dan kesehatan kulit serta rambut.
Berikut ini adalah beberapa cara mudah mengobati masalah pengelupasan kulit kepala sebagai berikut:
Pemiijatan Kulit Kepala
Melakukan pemijatan secara lembut pada kulit kepala dapat memperlancar aliran darah ke kulit kepala. Selain itu hal ini juga berguna dalam membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat agar minyak pada kulit kepala dapat ikut terlepas secara normal.
Hidrasi Kulit
Penyebab lainnya terjadinya pengelupasan kulit kepala ialah dikarenakan dehidrasi. Sehingga sangat dianjurkan menjaga dehidrasi kulit cukup dengan meminum air mineral 2 liter setiap harinya. Selain itu,  meningkatkan asupan tambahan vitamin yang mengangandung zinc  dan vitamin B yang dapat membantu mencegah ketombe juga menghentikan pengelupasan kulit kepala akibat ketombe.
Gunakan Shampo Yang Benar
Ketombe memang menjadi penyebab terjadinya pengelupasan kulit kepala sehingga untuk mencegahnya tentunya dengan menghilangkan ketombe terlebih dahulu yaitu dengan menggunakan Shampo. Gunakanlah shampo khusus untuk membasmi ketombe seperti  yang mengandung zinc pyrithione, asam salisilat, tar, selenium sulfida, atau ketoconazole. Jangan sampai salah dalam memilih shampo karena justru dapat menambah ketombe akibat shampo yang tidak benar.
Rajin Mencuci Rambut
Cuci rambut minimal 2 kali seminggu dengan memakai sampo khusus anti ketombe. Setelah itu dibilas dengan segelas air hangat yang telah campurkan 2 – 3 sdm air cuka putih. Bilas hingga merata pada rambut setelah itu bersihkan rambut dengan air bersih.
Gunakan Kondisioner
Pengelupasan kulit kepala disebabkan oleh kondisi kulit kepala yang kering namun hal ini dapat diatasi dengan menggunakan pelembab khusus untuk kulit kepala dan rambut. Baik menggunakan sampo dan kondisioner yang mengandung minyak tea tree sebab lebih efektif melawan ketombe yang disebabkan oleh infeksi bakteri serta jamur.
Dalam mengurangi tingkat akibat gangguan kulit kepala sangat disarankan menggunakan topi saat cuaca panas terlebih ketika di daerah terbuka.
Itulah beberapa yang bisa anda terapkan dalam mengatasi masalah pengelupasan kulit kepala. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment