Translate

Sunday 21 December 2014

Penyebab Gatal Pada Kulit

Kulit GatalPenyebab Gatal Pada Kulit – Sebenarnya apa sih definisi gatal-gatal itu? Secara bebas gatal-gatal itu diartikan suatu perasaan yang secara refleks menuntut seseorang untuk menggaruk. Nah, penggarukan tentunya tidak dilakukan hanya sekali bukan, namun akan dilakukan berulang-ulang kali yang dapat menyebabkan kulit akan menjadi kemerahan atau terdapat goresan pada permukaan kulit, yang dapat menimbulkan terjadinya iritasi kulit.  Apa sebenarnya penyebab- penyebab kulit menjadi gatal?
Sebenarnya gatal-gatal pada kulit itu bukanlah suatu penyakit yang sangat mengkhawatirkan, namun jika dibiarkan begitu saja tanpa diobati secara maksimal, maka hal itu akan menjadi masalah lain yang cukup serius bagi kesehatan kulit, seperti luka garukan akan jadi infeksi, mudahnya bakteri dan virus masuk kedalam sel-sel kulit sehingga dapat menyebabkan borok, menjadi penyakit kulit yang akut. Nah hal itu bisa juga dapat menganggu kesehatan bagian tubuh lain dan akan berakibat fatal, bahkan dapat menyebabkan kematian.
Penyebab kulit gatal bisa disebabkan karena kulit yang sensitive, karena penyakit kulit seperti infestasi parasit (scabies, pedikulosis), gigitan serangga, kaligata dermatitis kontak, dermatitis atopik, dan dermatitis alergia. Bisa pula disebabkan oleh penyakit sistemik (Penyakit dalam) seperti  penyakit hati (kuning), gagal ginjal, leukemia, limfoma atau penyakit darah lainnya
Pernahkah Anda terkena eksim? Eksim adalah Penyakit kulit yang disebabkan oleh demam atau alergi. Wajah, tangan, kaki, siku, area belakang lutut, itulah yang sering jadi sasaran penyakit eksim ini. Penderita yang mengalami penyakit semacam akan sangat sensitif terhadap pakaian yang terbuat dari wol, pelembut kain dan cuaca kering. Jerawat juga merupakan penyakit kulit yang cukup menyebalkan. Disebabkan oleh bakteri yang tumbuh di kulit dan menghubungkan pori-pori dengan kelenjar minyak di bawah kulit.
Impetigo juga merupakan salah satu penyakit kulit oleh bakteri karena gigitan serangga, goresan atau luka. Penyakit ini bennyak diderita oleh anak-anak yang berusia 2-6 tahun. Psoriasis, juga salah satu jenis penyakit kulit disebabkan karena  stress, trauma dan tingkat kalsium rendah. Penyakit ini tak menular tapi malah bersifat turun-temurun.  Ciri khasnya  adalah bercak merah,  bersisik tebal dan menempel berlapis-lapis, dan makin lama bisa meluas.
Jenis penyakit gatal namun berbahaya bila tak segera diobati adalah Melanoma, yakni sejenis kanker kulit yang sebabkan perubahan tahi lalat pada kulit. Tahi lalat ini bisa membesar yang bisa muncul pada leher atau kulit kepala. Inilah beberapa penyebab kulit gatal, semoga dapat diambil manfaatnya.

No comments:

Post a Comment