Translate

Tuesday 23 December 2014

Cara Mengatasi Alergi Udang Secara Alami

AlergiCara Mengatasi Alergi Udang Secara Alami – Alergi atau dalam dunia medis disebut hipersensitivitas tipe 1 merupakan gagalnya tubuh sehingga membuat seseorang terkena hipersensitif secara imunologi pada jenis bahan tertentu yang umumnya antigenic atau sesuatu yang berberhubungan dengan sifat apotik.
Secara umum dimana tubuh akan mengalami suatu reaksi berlebihan baik pada lingkungan sekitar maupun benda asing atau benda yang berbahaya. Terjadinya alergi ini dikarenakan adanya produksi antibody dengan jenis IgE.
Penyebab alergi dapat juga bersumber dari beberapa jenis makanan laut, seperti udang atau ebi. Terkadang, seseorang yang sudah memakan ebi akan mengalami alergi sehingga timbul gejala sepertigatal, ruam pada kulit serta bintik-bintik merah pada kulit. Disamping itu, gejala lainnya yang dapat menggangu adalah sering batuk, jantung terasa berdebar kencang serta sesak nafas.
Lalu bagaimana solusi mengatasi alergi pada udang ini? Berikut beberapa cara herbal yang dapat dicoba agar alergi udang dapat teratasi, diantaranya:
Jeruk Nipis atau Lemon
Menggunakan jeruk nipis dipercaya mampu mengatasi semua jenis alergi termasuk alergi saat makan udang. Juga dapat mengurangi ruam pada kulit apabila konsumsi khasiat jeruk nipis.
Caranya adalah campurkan air jeruk nipis atau lemon dengan segelas air hangat yang kemudian dapat diminum. Sebaiknya ramuan ini diminum saat gejala alergi sudah mulai terasa seperti gatal-gatal pada kulit.
Madu
Cara selanjutnya yang dapat dicoba adalah dengan menggunakan madu. Caranya pun juga sama seperti penyajian dengan jeruk nipis yaitu cukup mencampurkan segelas air hangat dengan 1 sendok madu asli untuk kemudian diminum.
Kandungan vitamin dalam madu berguna untuk meringankan rasa gatal akibat alergi. Minumlah resep ketika gejala sudah mulai muncul.
Biji Jarak
Banyak yang bilang biji jarak dipercaya sebagai obat ampuh menghilangkan alergi. Caranya yaitu larutkan biji jarak kedalam air hangat. Walaupun sembuh dari alergi, ada baiknya tetap mengkonsumsi larutan ini.
Jahe
Kandungan jahe yang dapat memanaskan tubuh juga dapat dijadikan alternatif lain untuk mengatasi alergi karena udang atau makanan laut lainnya. Dengan meminum secangkir jahe hangat akan mengurangi gatal serta ruam-ruam merah.
Konsumsi Vitamin E
Langkah akhir yang bisa ditempu adalah dengan menambah asupan makanan yang memiliki kandungan vitamin E. Jenis makanan yang kaya akan vitamin E bisa mempermudah mengatasi serta mencegah berbagai jenis penyakit alergi yang dikarenakan oleh factor makanan.
Sumber makanan yang kaya akan kandungan Vitamin E bisa diperoleh dari pistachio, kacang tanah, dan zaitun. Selain itu bisa juga didapatkan dari mengkonsumsi jus sayuran seperti wortel yang dicampur dengan mentimun atau bisa dengan bayam yang dijus dengan akar bit untuk membantu menyembuhkan alergi.
Nah, walaupun udang adalah makanan yang kaya nutrisinya namun sebaiknya lebih bisa menahan diri untuk menghindari apalagi yang mempunyai penyakit alergi, karena hal itu dapat mengakibatkan kenyamanan anda terganggu.
Semoga bermanfaat..!!!

No comments:

Post a Comment