Translate

Tuesday 23 December 2014

Makanan Yang Baik Untuk Penderita Radang Tenggorokan,

Makanan Yang Baik Untuk Penderita Radang TenggorokanMakanan Yang Baik Untuk Penderita Radang Tenggorokan – Pernahkah anda menderita radang tenggorokan?, jika iya “ Apa yang anda rasakan?. Seseorang yang sedang menderita radang tenggorokan umumnya akan merasa sakit pada sekitar tenggorokannya saat ia akan menelan sesuatu. Hal ini memang dapat mengganggu selera makan anda.
Radang tenggorokan atau dalam istilah medis disebut sebagai Faringitis biasanya terjadi akibat adanyan virus atau bakteri yang bernama streptococcus di dalam mulut. Biasanya jika seseorang terserang gejala radang tenggorokan itu bisa menjadi pertanda akan terkena penyakit flu atau pilek.
Saat seseorang terkena radang tenggorokan, maka makan makanan apapun jadi terasa kurang nikmat. Belum lagi dengan dilarangnya untuk mengkonsumsi jenis makanan dan minuman tertentu agar penyakit radang tenggorokan ini capat sembuh. Sangat tidak mengenakkan bukan?
Lalu, jenis makanan dan minuman apa sajakah yang boleh kita konsumsi saat sedang mengalami radang tenggorokan? Memang tidak banyak, namun setidaknya ada beberapa makanan yang boleh dikonsumsi seperti yang akan saya sebutkan dibawah ini :
1. Madu Hangat atau Teh Jahe
Saat terserang radang tenggorokan, maka biasanya ditenggorokan akan terasa gatal. Untuk mengobatinya Anda cukup dengan minum teh jahe atau madu hangat. Karena Madu bermanfaat untuk melapisi dinding tenggorokan dan mencegah terjadiya infeksi akibat radang tenggorokan.
2. Sup Ayam
Untuk makanan yang dapat dikonsumsi saat menderita radang tenggorokan adalah sup ayam. Seperti yang telah kita ketahui, sup ayam kaya akan kandungan gizi karena bahan yang digunakan dalam pembuatannya sangat banyak seperti wortel, bawang bombay, seledri, ubi, dan bawang putih yang terbukti mampu untuk membantu proses penyembuhan sakit radang tenggorokan. Selain itu, kandungan anti radang yang terdapat dalam sup ayam juga bisa menyembuhkan bengkak dengan membatasi jumlah virus yang akan menyerang membran mukus.
3. Buah Pisang
Buah pisang diperbolehkan untuk dikonsumsi saat sedang terserang radang tenggorokan, karena buah ini memiliki teksturnya yang lembut dan tidak asam. Selain itu, buah ini juga mudah ditelan dan tidak menyebabkan tenggorokan terluka saat dikonsumsi, buah pisang juga kaya akan kandungan vitamin B6, vitamin c dan kalium yang baik bagi kesehatan tenggorokan.
4. Campuran Perasan Jeruk Nipis dan Madu
Makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi ketika mengalami radang tenggorokan selanjutnya adalah dengan meminum perasan jeruk nipis yang dicampur dengan madu. Campuran ini merupakan salah satu cara alternatif yang baik untuk menyembuhkan penyakit radang tenggorokan. Saat radang sudah berkurang, maka tenggorokan anda akan terasa jauh lebih enak. Selain itu, campuran dua bahan ini juga dapat membantu meredakan tenggorokan yang terasa terbakar.
Nah, itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat Anda konsumsi saat mengalami radang tenggorokan. Jika radang tenggorokan Anda ingin cepat sembuh, disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang pedas, berlemak dan berminyak terlebih dahulu. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba….!!!

No comments:

Post a Comment