Translate

Tuesday 23 December 2014

Cara Menindik Telinga Bayi Dengan Benar

Tindik Telinga BayiCara Menindik Telinga Bayi dengan Benar – Menindik telinga bayi merupakan pilihan bagi orangtua yang memiliki anak berjenis kelamin perempuan. Namun, banyak pendapat di masyarakat yang mempermasalahkan tentang apakah perlu menindik telinga anak saat masih bayi.
Akan tetapi menurut sebagian orang mengatakan menindik telinga anak sebaiknya dilakukan setelah anak sudah besar baru tetapi sebagian lain menyarankan untuk melakukan penindikan saat anak masih bayi karena hal itu lebih baik. Lalu, bagaimana Cara Aman Menindik Telinga Bayi?
Mereka yang mengatakan jika menindik telinga ketika anak masih bayi lebih baik dari pada saat besar nanti karena bayi akan cepat melupakan rasa sakit dan nyeri yang dirasakan saat menindik telinga. Namun, dokter anak menyarankan untuk menindik telinga anak sebaiknya menunggu sampai anak berusia 5 atau 6 bulan. Selain itu orangtua juga harus menyadari kemungkinan masalah yang akan ditimbulkan apabila menindik telinga anak terlalu dini.
Cara Tindik Telinga Bayi Yang Benar
Melakukan penindikan telinga secara asal-asalan dan peralatan yang tidak higienis, maka bisa mengakibatkan terjadinya infeksi dan bekas luka pada telinga yang dapat memicu kepala menjadi sakit dan demam. Lalu Bagaimana panduan menindik telinga bayi yang baik agar tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan? Berikut ini uraiannya :
  1. Tunggulah sampai bayi setidaknya menganjak usia 5 hingga 6 bulan sebelum ditindik.
  2. Pastikan bayi telah mendapatkan vaksinasi lengkap sebelum melakukan tindikan di telinganya.
  3. Pastikan bayi mendapatkan bantuan oleh orangtua untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan setelah ditindik. Bantuan yang paling efektif dan murah adalah dengan pemberian ASI.
  4. Bawalah bayi ke dokter atau ahli tindik yang professional untuk mencegah dan menghindari malpraktek.
  5. Pastikan peralatan yang digunakan higienis dan steril demi keamanan kesehatan bayi.
  6. Bisa juga memilih teknik penindikan seperti apa yang diinginkan, apakah menggunakan teknik pistol tindik atau ditindik secara manual. Yang terpenting adalah media yang digunakan higienis dan steril.
  7. Gunakan emas 24 karat atau anting stainless steel khusus untuk bayi pada kali pertama memakai anting setelah ditindik. Hal ini dilakukan bertujuan mencegah area di sekitar tindikan tidak terkena infeksi.
  8. Membersihkan area di sekitar bekas tindikan menggunakan alkohol atau hidrogen peroksida untuk menghindari infeksi yang akan timbul adalah upaya pasca dilakukannya penindikan yang termasuk dalam cara yang baik menindik telinga bayi.
Jadi agar terhindar dari infeksi perlu diperhatikan kebersihan dan cara yang baik untuk menindik telinga bayi. Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment