Translate

Sunday 21 December 2014

Cara Merawat Kulit Sensitif dengan aman

Akhir-akhir ini saya sering menjumpai kasus kulit sensitif. Dan banyak pertanyaan dan permintaan saran bagaimana cara merawat dan mengatasi kulit yang sensitif. Ciri dari kondisi kulit ini adalah mudah gatal-gatal, merah-merah dan kering. Tidak jarang juga penderita mempunyai pustula, benjolan kulit serta erosi kulit. Banyak yang menganggap bila mudah jerawatan kemudian disebut sebagai jenis kulit sensitif. Padahal bukan demikian arti dari istilah tersebut.
Mayoritas dari penderita sensitif adalah alumnus krim berbahaya, misalnya saat menggunakan krim pemutih wajah. Janganlah sampai anda mengalami problem seperti ini, karena perawatan dan penanganannya sangat sulit serta harus dilakukan secara hati-hati. Bilamana kulit anda sensitif, maka akan ada beberapa kendala yang bisa ditemui. Karena tidak semua produk yang toleran terhadap kulit normal bisa diterima oleh kulit yang sensitif. Usaha untuk menghilangkan jerawat, kulit kusam dan flek-pun akan menjadi lebih lama. Karena perawatan harus dilakukan dengan ekstra hati-hati, agar pengguna tidak mengalami reaksi negatif yang mengganggu (misalnya kemerahan dan gatal-gatal).
Berikut adalah tips-tips untuk merawat kulit yang sensitif.
Langkah pertama dalam merawat kulit sensitif adalah pembersihan (dengan cleanser dan/atau sabun).  Banyak orang menggunakan pembersih untuk menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran. Tapi jangan hanya asal memilih pembersih jika anda memiliki kulit sensitif.
Sabun konvensional, biasanya merusak minyak kulit esensial dan meninggalkan sisa kering yang bisa mengakibatkan iritasi pada kulit. Jika anda mengalami iritasi setelah menggunakannya, segeralah beralih ke sabun kecantikan. Sabun kecantikan [baca: sabun wajah khusus perawatan] tidak mengandung bahan-bahan yang keras ditemukan dalam sabun yang biasa, misalnya deterjen. Juga, pastikan untuk menghindari produk yang mengandung acid (asam) dan produk dengan wewangian. Jika ragu, cobalah terlebih dahulu sabun yang akan dipakai ke sebagian kecil kulit anda sebelum menggunakannya pada seluruh muka.
Meskipun anda mungkin mencuci muka dua kali sehari, yang terbaik adalah tidak menggunakan scrub wajah lebih dari sekali atau dua kali per minggu. Scrub memang sangat bermanfaat untuk mengelupaskan kulit, menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati. Tapi untuk seseorang dengan kulit sensitif, scrub bisa sangat menjengkelkan. Ketika membersihkan tubuh anda, cucilah dengan lembut, dan hentikan penggunaan alat scrubbing, seperti spons yang bisa mengiritasi kulit anda.
Bila pembersihan dilakukan dengan sabun dan scrubbing setiap hari, maka permukaan kulit bisa mengering. Berikan pelembab oada kulit anda segera setelah pembersihan sangat penting untuk rutinitas perawatan kulit harian anda.

No comments:

Post a Comment