Translate

Sunday 21 December 2014

Cara Ampuh Mengatasi Mimisan pada hidung

Cara Ampuh Mengatasi MimisanCara Ampuh Mengatasi Mimisan – Apakah itu mimisan?, Mimisan adalah keluarnya darah pada lubang hidung yang disebabkan oleh rusaknya mukosa atau pembuluh darah kecil pada rongga hidung. Mimisan sering dialami oleh anak-anak dibandingkan dengan orang dewasa.
Penyebab mimisan secara umum adalah karena adanya perubahan tekanan udara, adanya benturan pada hidung, adanya kelainan anatomis pada rongga hidung, atau bahkan akibat adanya infeksi atau penyakit tertentu yang dialami hidung.
Kurangnya kelembaban udara juga menjadi faktor peneyebab terjadinya mimisan. Kelembaban udara yang sedikit menyebabkan pembuluh darah (Mukosa) yang ada di hidung menjadi kering sehingga mudah mengalami perdarahan.
Cara Ampuh Mengatasi Mimisan
Walaupun bagi kebanyakan orang yang beranggapan jika penyakit mimisan bukanlah penyakit yang terlalu berbahaya, namun jika hidung mengeluarkan darah terus-menerus tanpa henti, tentu dapat menimbulkan bahaya bagi tubuh.  Nah, untuk mengatasi mimisan ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yaitu antara lain:
  1. Menjepit Hidung dengan Jari
Untuk cara yang pertama dalam hal untuk menghentikan perdarahan pada lubang hidung, yaitu dengan menjepit hidung dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk berguna untuk menekan hidung agar luka yang ada pada lubang hidung tertutup. Kemudian lakukan pernapasan dengan menggunakan mulut.
Cara seperti ini sangat efektif untuk menghentikan aliran darah yang keluar pada lubang hidung. Teruslah tekan hidung Anda selama 5 sampai 10 menit, namun jangan menekan hidung dengan keras. Pada saat Anda menekan hidung, maka tekanan ketitik perdarahan pada septum hidung biasanya dapat memberikan efek yang baik untuk menghentikan aliran darah yang terus-menerus keluar.
  1. Duduk dengan Posisi Tegak
Untuk cara yang kedua dalam menghentikan keluarnya darah pada lubang hidung yang terus mengalir keluar, Anda coba lakukan duduk dengan posisi tegak dan kepala agak menunduk. Dengan melakukan posisi duduk yang tegak, maka akan mengurangi tekanan darah yang ada dalam pembuluh darah yang terdapat di hidung.
Melakukan posisi duduk yang tegak berguna untuk menghambat perdarahan yang terjadi pada lubang hidung. Dengan melakukan posisi duduk tegak dan kepala sedikit menunduk bermanfaat untuk menghindarkan anda menelan darah yang keluar lubang hidung, yang mana dapat menyebabkan terjadinya iritasi dalam perut Anda.
  1. Jangan Buang Darah dari Hidung
Apabila aliran darah yang keluar dari lubang hidung sudah berhenti, maka jangan Anda melakukan pembuangan darah dari hidung seperti pada saat Anda membuang ingus. Karena hal ini bertujuan agar perdarahan pada lubang hidung tidak terjadi kembali. Sesaat setelah mimisan berhenti, tetaplah jaga posisi kepala Anda lebih tinggi dari bahu.
Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi mimisanApabila mimisan yang anda alami tak juga berhenti dengan melakukan beberapa cara di atas, maka segeralah periksakan hidung anda kedokter guna untuk mendapatkan penanganan secara khusus. Semoga bermanfaat..

No comments:

Post a Comment